Pengalaman tes magang bakti bca part 2

Heyhooo,  ini sambungan ceritanya yaa terimakasih masih mau terus di baca.

Setelah kegagalan itu gue ga pernah berputus asa buat terus coba,  sampai lah gue ditahun 2016 tepatnya tanggal 14 november 2016 gue sudah mulai belajar dari kegagalan.  Mungkin banyak tanya ko lama banget dari 2014 ke 2016. Jadi singkat cerita setelah gue tau pendaftaran hanya dilakukan lewat online tanpa membuang kesempatan gue pun daftar dan sekitar bulan febuari 2015 pas banget 3 tahun yang lalu gue dapet panggilan buat ikut tes yang tempat tesnya di JDC jakarta.  Tapi gue gagal di tes terakhir nama gue ga lolos buat ikut tes MCU.  Untuk informasi kalau kalian gagal bisa ikut tes lagi setelah 1 tahun dari mulai tanggal kalian ikut tes (itu kata ibu-ibu yang ngetes gue waktu itu,  tapi emang iya sih kalau daftar online begitu biarpun berhasil ngisi formulirnya pasti ga kepanggil itu berdasarkan pengalaman gue waktu itu ya,  kalau sekarang bisa alhamdulillah berarti itu rejeki)

Sampailah kita di cerita yang paling ditunggu-tunggu. tanggal 3 november 2016 gue disaranin untuk coba daftar magang bakti lagi sama kaka gue yang waktu itu udah aktif kerja di BCA karena untuk domisili serang lagi butuh banyak banget. Akhirnya gue daftar lagi tapi engga terlalu berharap mau keterima syukur engga juga gapapa karena kalau ga keterima pun gue masih kerja ditempat gue yang sebelumnya.

 Siang itu tanggal 10 november 2016 handphone gue bergetar bukan karena gerogi tapi karena ada sms yang isinya.

"Saudara/i Dinny Septiani Purnama anda di undang untuk mengkuti tes psikotest magang bakti yang dilaksanakan pada hari senin 14 november 2016 yang bertempat di kantor BCA wisma asia slipi lantai 12, balas YA untuk mengkonfirmasi kehadiran anda". Kira-kira gitu isi smsnya,  dan gue bales YA.

Hari tes pun tiba,  ada yang berbeda dari tes kali ini karena gue ditemenin sama seseorang yang sampe saat ini kita masih barengan.  Cieeeee..
Tepat jam 8 gue udah sampe di kantor BCA wisma asia, disana udah banyak banget orang yang sama kaya gue mau ikut tes juga.  Sama kaya tes tahun lalu awal tes gue harus tanda tangan kehadiran yang ada di meja satpam gue liat ada 168 nama yang bakal ikut tes pada hari itu.  Tapi ini masih sedikit karena waktu tahun lalu gue gagal ada sampe 223 orang yang tes dan yang keterima cuma 7 orang kalau ga salah.

Degdegan pasti biarpun ini bukan tes yang pertama tapi ga terlalu degdegan karena udh punya pengalaman tahun sebelumnya,  dan kurang lebih gue udh tau soal psikotestnya jadi lebih enjoy.  Dari situ gue inget kata-kata pepatah kalau "pengalaman adalah guru terbaik" tapi semoga yang besok mau tes dan baru pertama kali jgn ikutin jejak gue yang gagal dulu yaa kalau bisa langsung masuk kalian hebat banget.

Oke balik cerita lagi ya,  ga lama gue menunggu keluarlah seorang perempuan berkulit putih ga lain dan ga bukan dia adalah salah satu dari tim penguji pada hari ini,  dikumpulinlah kita buat dikasih tau prosedur dan tata tertib selama tes.
Jadi tes Magang bakti itu prosesnya gugur,  kalau kamu ga lolos di wawancara kamu bisa langsung pulang.  Agak jleb sih tapi menurut gue begini lebih enak jadi ga di phpin.
Tiba lah saat nama gue dipanggil.  Seketika gue jadi ngerasa kedinginan banget,  sampe tangan sama kaki agak gemeteran haha.
Yang gue inget pertanyaannya penguji nyuruh kita untuk perkenalkan diri, hobinya apa,  kegiatan sehari-harinya apa,  5 hal kekurang kamu apa 5 hal kelebihan kamu apa (jangan jawab kelebihan lemak yaa)
Alhamdulillah wawancara berhasil gue lewatin, dan gue di nyatakan lolos. Bangku-bangku yanh disediain buat yang lanjut ketahap selanjutnya masih sedikit banget keisi dan jawabannya banyak banget yg ga lolos ketahap selanjutnya. Tapi gue ga terlalu merhatiin orang-oranh juha pada saat itu karena gue sendiri masih harus berjuang ditahap selanjutnya yaitu psikotest yanh pernah mengagalkan usaha gue pada tahun sebelumnya.

Tes wawancara selesai jam setengah 12 kira-kira.  Dari yang awal tes sekitar 150an orang yang bener-bener dateng cuma setengah yang bisa lanjut.
Ini nih baiknya BCA buat yang lolos ketahap psikotest BCA sudah menyiapkan makan siang yanh menurut gue enak bgt sih (apa mungkin gue laper kali ya karena kebanyakan degdegan).
Pukul 13.00 semua peserta yang masih lanjut udah kumpul lagi didalem ruangan. kita masing2 dikasih 1 buku yang isinya soal psikotest.  Alhamdulillahnya soal ga berubah sama sekali jadi gue semakin percaya diri buat ngerjainnya tapi tetep degdegan banget.
Untuk soal psikotestnya itu psikotest yang umum ko, di google juga banyak contoh-contohnya.  Jadi buat yang mau tes bisa dipelajarin tips tipsnya disitu yaa.  Yang gue inget itu soalnya ada sinonim-antonim,  ada psikotest koran,  gambar dan banyak lagi.  Jadi jangan heran ya kalau selesainya kepala berasa berasep hahah

Udah agak sedikit lupa sih urutan tes psikotest pertama apa aja tapi setelah psikotest koran itu jadi psikotest terakhir ditahap pertama dan kita disuruh keluar dulu nunggu hasil.
Degdegan lagi  huhu bener-bener harap-harap cemas biarpun dari awal gue udh berniat untuk jangan terlalu berharap.
Waktu pengumumanpun tiba jrenh jreng salah satu penguji nempelin kertas di pintu yang isinya nama-nama orang yang lolos ketahap wawancara 2 dan psikotest 2
Seketika itu pintu langsung dikerubungin banget. Gue dan 1 temen gue bernama zanetha yang baru aja kenalan disitu memutuskan untuk kita terkahiran aja liatnya. Kedengeran banget suara suara yang bilang"alhamdulillah gue lolos" dan banyak juga yang bilang "huuuhuu sedih banget gaada nama gue" dari situ gue dan zanetha langsung sama-sama pucet hahaha. Akhirnya itu pintu agak sepi gue dan zanet langsung maju kearah pintu kita berdua langsung cari nama kita. Mata gue liat dari bawah dulu baru keatas makin tegang karena nama gue ko ga ada dan zaneth pun bikin gue kaget karena dia seneng banget "din alhamdulillah nama gue adaa, ga lama zaneth teriak lagi din kamu juga lolos nih" reflek kita berdua pelukan gitu saking senengnya haha ternyata nama gue ada di nomor 2 zanetha di nomor 3 sumpah sih kita berdua langsung buru2 masuk ruangan lagi buat lanjutin tes. Dari sekitar 70 orang tersisa 25 orang yang bisa lanjut.

Untuk pertanyaan di wawancara 2 yang waktu gue inget pertanyaannya adalah apa motivasi kamu kerja di BCA, apa yang kamu tau tentang magang bakti ya gitu lah lebih pertanyaan tentang BCAnya.
Untuk psikotestnya yang gue inget itu psikotest yang gambar-gambar. Karena psikotes yang pertama udah yang pengetahuan umum, matematika dasar, dan psikotest2 lain yang udh gue kasih tau sebelumnya.

Pukul 16.00 ga kerasa banget semua tes-tes hari ini udah semua gue lewatin, tiba lah pengumuman terpenting. Itu bener-bener degdegannya berkali-kali lipar dari sebelum-sebelumnya. Karena kalau gagal rasanya bener-bener sakit hati banget sih karena udah ditahap paling akhir.
Dan pengumuman pun di tempel,  penguji memberikan arahan bagi yang namanya tercantum harap segera masuk untuk diberikan arahan bahwa keesokan harinya tes MCU dan yang tidak ada namanya jangan berkecil hati ini dan bisa langsung pulang.

Seketika gue dan zaneth reflek pegangan tangan,  gue ngerasain bgt sih tangan dia dan tangan dia bener-bener dingin banget.  Sontak gue sama zaneth langsung maju deketin pintu dari 25 orang yang diterima hanya 13 orang gue dan zaneth adalah salah dua orang dari ke 13 yang lolos itu.
Gatau harus bilang apa dan harus selebrasi apa untuk mengungkapkan kebahagiaan pada saat itu selain ngucap alhamdulillah.

Jadi intinya tetep semangat apapun yang terjadi, karena semua yang kita mau kadang ga semulus yanh kita harapkan,  harus ada perjuangan,  kesabaran,  keyakinan kalau kita pasti bisa.
Terimakasih buat yang udh mau baca,  semangat buat yang besok test.  Kalian pasti bisa 😊😊😊

Sampe ketemu di blog selanjutnya yaaa

Komentar

  1. Hey kaa...
    saya mau tanya kalau sudah sampai proses mcu, ada kemungkinan tdk lolos nya? Kecuali jika ada penyakit berat.. mohon jawabannya 😊

    BalasHapus
  2. Gmna kelanjutannya setelah MCU?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf banget baru liat, setelah MCU nanti kalau lolos di telfon lagi sama orang bcanya buat ttd kontrak ka

      Hapus
  3. Hallo.
    Mau tanya, kalo selama Apply di karir bca belum kepanggil buat tes dsbnya otomatis kan gak lolos tahap administrasi ya. Itu masih boleh daftar lagi dgn email berbeda atau harus tunggu 2 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau aku sih masih bisa apply, kecuali gagal setelah dipanggil itu nunggu 1 tahun.

      Hapus
    2. Halo kakau nanya, aku uda pernah ikut tahun lalu trus gagal di user, apa tahun ini bisa apply lagi?

      Hapus
  4. Ka mau nanya, aku kan lulusan SMA nah di pendaftaran itu ada tulisan IPK/rata rata nilai akhir. Nah yg rata2 nilai akhir itu nilai UN kita apa nilai US?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman tes magang bakti bca part 1